Music My Music Preferences

Lagu-Lagu VIRA TALISA: Bikin Kangen Rumah

“Perkenalan” saya dengan Vira Talisa Dharmawan adalah melalui Soundcloud. Standar, seperti kebanyakan yang lainnya alami.

Lagu yang membuat saya terkesan adalah duetnya dengan Wu Ming (Tida Wilson) dalam lagu “Corcovado“, lagu bossa nova lama yang ditulis oleh Antônio Carlos Jobim. Tidak sampai di situ, ternyata lagu-lagu yang diunggahnya di sana, yang kebanyakan adalah cover, memang bagus-bagus dan sesuai dengan selera saya, membuat nggak ragu untuk follow akunnya. Suara dan musik racikannya dengan mudah diterima di telinga.

Belum lama ini, Vira Talisa kembali ke Indonesia setelah studinya di Perancis. Dengan suara melankolis, dan kemampuan untuk meracik lagu sendiri, dengan gitar akustik, ukulele, dan bebunyian dari alat musik lainnya ini, Vira Talisa berhasil membuat yang mendengar lagu-lagunya kangen rumah untuk sekadar minum teh sambil bersantai.

Kebanyakan lagu yang Ia buat cover-nya adalah dari musisi-musisi internasional, namun kalian akan menemukan juga lagu-lagu dari para musisi Indonesia yang Ia nyanyikan ulang dengan ciri khasnya, sehingga membuat lupa bagaimana lagu-lagu yang dinyanyikan oleh musisi aslinya sendiri. Vira berhasil membawa atmosfer baru pada lagu-lagu tersebut. Bahkan ada lagu Indonesia lama juga, berjudul “Terombang di Penantian“, yang aslinya dinyanyikan oleh Titiek Puspa, dan menjadi lagu soundtrack film GIE di tahun 2005. Sampul EP-nya dikerjakan oleh Ardneks.

Bukti lain bahwa lagu-lagunya memang pantas mendapat pendengar lebih banyak lagi adalah Ia telah merilis EP (extended play) yang berisi 5 lagu dengan materi dan bunyi yang lebih kaya, di bawah naungan label rekaman Orange Cliff Records. EP ini secara resmi rilis secara digital pada 2 Desember 2016 yang bisa didengarkan dari penyedia layanan streaming populer dan juga iTunes. Kalau sebelumnya Vira meracik sendiri semua musik, di EP ini Ia dibantu oleh 6 orang teman musisi/produsernya dari Perancis.

Kelima lagu di EP self-titled-nya ini di antaranya, If I See You Tomorrow yang dibuka dengan suara gitar akustik, dipadukan dengan suara Vira Talisa yang seolah berbisik, Get Up, Get Down (Isn’t Funny), yang lebih nge-beat, Into Dust yang renyah dengan permainan ukulele, Walking Back Home yang juga menjadi andalan di EP ini, lagu yang membuat kangen rumah karena begitu enak dan nyaman di telinga, serta Whirlwind yang begitu terasa perbedaannya dibandingkan dengan versi lamanya di Soundcloud, yang ini terdengar lebih segar.

Secara keseluruhan, EP ini membuat rumah terasa begitu dekat, dan memang selalu membuat kangen dengan mudahnya. Berharap banget versi fisiknya bisa segera rilis!

Kelima lagu dari album self-titled Vira Talisa ini dapat didengarkan langsung dari akun Soundcloud Orange Cliff Records di bawah ini:

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply