My Music Preferences

Soundtrack Telenovela Paling Disukai

Sampai saya ngetik post ini, saya masih belum bisa menikmati lagu Despacito yang lagi booming itu. Kalau didengar dari alirannya, lagu serupa yang lebih dulu rilis dan booming seperti “Get Busy” dari Sean Paul tahun 2002 15 tahun silam, menurut saya lebih enak didengar dan nggak kalah asyik dipakai untuk iringan berjoget. Ini soal selera dan perbedaan zaman aja kali ya, jadi nggak usah diperdebatkan bagus atau nggaknya atau lagu yang ini lebih bagus dari yang itu.

Tren lagu ini ada bagusnya juga sih, jadinya ragam jenis lagu yang didengarkan lebih banyak, nggak lagu-lagu berbahasa Inggris aja. Kalau dilihat dari sudut pandang baik lainnya, buat yang denger dan mencoba melafalkan lirik Despacito, itung-itung belajar bahasa Spanyol-nya Amerika Latin.

Kalo inget yang latin-latin gitu, saya jadi inget juga dengan telenovela yang pernah jadi primadona tontonan Ibu-Ibu di Indonesia akhir 90-an hingga 2000-an awal yang kurang-lebih kecenderungan yang sama yang terjadi belakangan ini, demam drama Korea, drama Turki, dan drama India yang emang nggak ada matinya.

Kalau balik ke masa-masa telenovela booming gitu, jadi inget lagu-lagu yang jadi soundtrack-nya yang menurut saya asyik-asyik. Berkat penasaran dengan lagu-lagunya, saya jadi cari tahu liriknya dan belajar cara pelafalannya. Ternyata, di Amerika Latin itu menggunakan bahasa yang berbeda-beda; ada yang Spanyol ada yang Portugis. Walau sama-sama menggunakan Bahasa Spanyol pun, antar negara punya perbedaan. Bahasa Spanyol-nya pun berbeda dengan yang ada di Eropa. Begitu juga Bahasa Portugis yang sampe sekarang saya belum gape juga gimana pelafalannya. Pfffttt!!!

Berikut ini saya rangkum beberapa lagu soundtrack telenovela yang jadi kesukaan saya karena saya apal, hehehe. Saya pilih yang ada liriknya buat belajar.


1. Thalia – Maria La Del Barrio (OST. Maria Cinta Yang Hilang)

Begitu intro lagu ini dimainkan, kayaknya langsung nyeret gitu tanpa ampun untuk langsung joged. Saya apal banget lagu ini tanpa liat lirik :b! Di Telenovela ini, Thalia berakting bersama Fernando Colunga.

2. Thalia – Rosalinda (OST. Rosalinda)

Telenovela ini kayaknya yang paling membekas. Thalia jadi gadis penjual bunga yang ditaksir Fernando Jose Altamerano Del Castillo.

3. Thalia – Marimar (OST. Marimar)

Kalo denger lagu ini apalagi di bagian jeritannya pasti rasanya pengen jambak-jambak rambut. Kemampuan menyanyi Mbak Thalia ini emang nggak perlu diraguin lha, ya! Cuma sayangnya, saya kurang sreg waktu dia rilis lagu-lagu berbahasa Inggris. Kemampuan suaranya jadi terdengar standar aja karena menyesuaikan genre industri ‘Amerika’, dan jadi kebayang-bayang Jennifer Lopez. Tapi gimana pun juga, doi udah punya nama di hati kita-kita nih yang anak 90-an.

4. Javier Rodríguez – Esmeralda (OST. Esmeralda)

Saya selalu suka penyanyi-penyanyi cowok latin karena mereka punya warna dan lekukan suara yang khas, salah satunya yang nyanyiin lagu soundtrack-nya Esmeralda ini. Pada umumnya lagu-lagu band Mariachi gitu.

5. Somos Así (OST. Ecomoda/Betty La Fea 2)

Walau Ecomoda (Betty La Fea 2) nggak sebagus Yo Soy Betty La Fea, tapi soundtrack ini asyik. Nggak ada salahnya dimasukkan karena nggak bisa dipungkiri, kesuksesan Yo Soy Betty La Fea, membuat Ecomoda ada.

6. Amigos X Siempre (OST. Amigos)

Saya lupa-lupa inget dengan telenovela ini, pokoknya menceritakan tentang persahabatan remaja gitu. Lagunya juga asyik dan masih belum basi didengarkan di tahun 2017.

7. Yolanda Rayo – Se Dice De Mi (OST.  Yo Soy Betty La Fea)

Ini kacau sih menurut saya. Lagu soundtrack dari telenovela kesukaan saya sepanjang masa! Belum ada telenovela yang menandingi Yo Soy Betty La Fea, bahkan versi remake-nya nggak bakal bisa nandingin versi asli yang berasal dari Kolombia ini. Kalau Thalia selalu hadir dengan suara dan lagu yang gampang bikin orang joged, lagu ini juga, cuma dalam dimensi yang berbeda. Saya juga baru tahu, ternyata ini lagu lama.

Versi YSBLF

Versi Yolanda Rayo Yang Biasa

Versi Tita Merello, Penyanyi Aslinya


Baca juga: LAGU-LAGU NON BERBAHASA INDONESIA DAN BERBAHASA INGGRIS YANG MENJADI KESUKAAN

You Might Also Like

10 Comments

  • Reply
    Yos Mo
    August 8, 2017 at 4:36 am

    Thalia memang paling cihuuy dahh..

  • Reply
    gita siwi
    August 8, 2017 at 4:50 am

    Hahaha jujur nggak suka nonton telenovela karena didub. Tapi promonya yang wara wiri otomatis taulah sountrack2 diatas tadi. Pernah boom pada masanya ya . Tulisan yg bikin senang ini.

  • Reply
    uli
    August 8, 2017 at 5:13 am

    marimaarrr aiiiwww..

  • Reply
    zata
    August 8, 2017 at 5:44 am

    gw tau semua niyyy.. ketauan banget yak angkatan tua, hihihi…

  • Reply
    Andreas Susanto
    August 10, 2017 at 6:34 am

    lagunya enak banget buat di dengerin, lanjut dengerin dah..

  • Reply
    Liswanti
    August 10, 2017 at 2:34 pm

    Ini tuh telenovela kesukaan aku dulu. Paling suka rosalinda dan marimar awww hehehe

  • Leave a Reply