Travel

Anak Tangerang Main ke Cisadane

Kalau pulau Jawa memiliki Bengawan Solo sebagai sungai terpanjang, Tangerang punya Sungai Cisadane sepanjang 138 kilometer dari hulunya di Gunung Mandalawangi hingga ke hilirnya yang berakhir di laut Jawa. Hampir setiap pagi saat hendak berangkat ke tempat kerja, penampakan Sungai Cisadane telah saya saksikan sendiri setiap perubahannya dari waktu ke waktu; dari kering sampai tumbuh pohon pisang di tengah-tengah, airnya yang cokelat mengalir dengan tenang, hingga alirannya yang sungguh deras yang bikin kecut untuk sekedar berdiri di tepinya kalau malam sebelumnya hujan.

Klub sepakbola lokal, Persita Tangerang, pun memiliki julukan “Pendekar Cisadane”, karena memang telah melekat menjadi salah satu identitas Tangerang Raya yang memiliki 3 bagian ini: Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Tangerang Kota. Sebagai yang lahir, besar, dan mencari nafkah di Tangerang, saya belum ada “ngelotok-ngelotok”-nya sama sekali dengan daerah-daerah yang menjadi bagiannya. Padahal seharusnya, sebagai akamsi (anak kampung sini), mengenal kampung sendiri itu penting. Saya jadi malu rasanya, malahan selama ini sibuk jalan-jalan ke daerah lain dan jarang sekali menjelajah di daerah sendiri. Tapi tak apa, semua ada waktunya, dan waktu dan kesempatannya tersebut datang kembali beberapa waktu lalu.

Festival Cisadane 2017

Bukan tanpa alasan saya kembali berjalan-jalan di Tangerang, melainkan ada pemicu penambah semangatnya, yakni “Festival Cisadane 2017“, festival yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Tangerang setiap tahun. Festival ini diselenggarakan di jalan Benteng, dari 22-29 Juli 2017. Ada banyak tenant yang bisa dikunjungi dan jajanan yang bisa dibeli buat yang haus dan yang laper. Yang paling saya inget sih banyak tukang kerak telor yang aromanya bikin perut dangdutan, tapi karena nggak terlalu doyan rasanya jadi cukup aromanya saja yang saya hirup, hehe.

Festival ini cocok untuk didatangi bersama keluarga. Bisa menikmati pemandangan sungai dengan semilir angin sambil melamun, jajan-jajan walau udah tanggal tua, dll. Cuma ramenya ampun-ampunan, saya mau ngerogoh kantong aja susah, walau uangnya nggak ada juga, sih (hehe). Saya sempet menyaksikan lomba dayung perahu naga. Karena baru pertama kali lihat jadi norak, menyenangkan wohooo! Sayangnya karena rame banget, saya salah ambil posisi dan nggak bisa pindah untuk dapet angle yang pas ambil foto. Tapi lumayan dapet beberapa jepretan.

Boneka-boneka Barbie yang spooky kayak zombie

Perubahan di Tangerang

Saya jalan kaki di sepanjang bantaran sungai Cisadane. Berjalan menyusuri kembali tepian sungai Cisadane tersebut sungguh membuat saya kagum. Beberapa perubahan dan perbaikan dari terakhir kali menyusurinya saya temui, di antaranya taman-taman baru dan pinggiran yang lebih rapih, bersih, dan berwarna.

Yang paling saya sukai adalah “Flying Deck Cisadane“. Di Flying Deck Cisadane ini ada tempat duduknya dan yang paling heiiitttzzz adalah jembatannya yang ca’em dan instagrammable banget, cocok untuk yang senang selfie a la a la. Foto di sini bakal bikin nggak nyangka kalau sedang di pinggiran Sungai Cisadane.

2 pemuda ini yang saya mintai tolong untuk memotretkan diri saya waktu itu. Xie xieee…  

Tangerang yang berkesan

Sisa hari itu saya habiskan dengan menyusuri Pasar Lama dan kawasan kulinernya hingga menembus kembali ke Cikokol lalu naik angkot pulang. Menyusuri kawasan Pasar Lama langsung membuat nostalgia ke masa kecil sering diajak Mama. Toko-toko dan pusat perbelanjaaan seperti Robinson dan Sabar Subur itu, aaahhh. Kemarin seperti balik ke masa lalu, suasananya masih sama, KANGEN!!! Sungguh beberapa jam yang menyenangkan. Sepanjang jalan dari dalam angkot, ada beberapa hal baru lagi dari kota Tangerang yang bertambah bagus yang saya temui. Saya bangga jadi warga Tangerang. Semoga semakin baik dan semua wilayahnya sama rata pembangunannya, aamiin.

Ini toko langganan tempat beli sepatu waktu kecil. Kirain udah tutup ternyata masih bertahan!

Semoga toko sepatu ini tetap bertahan, aamiin.

Toko Sepatu Abadi, Tangerang

Toko Sepatu Abadi, Tangerang

Cheers & See You,

Dini

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    Maribel
    August 12, 2017 at 2:54 am

    LΙKE WHAT DADDY, TEᒪL US, TELL US.? Both boys jumped up and doѡn eager to know how t᧐
    make Ԍod happy.

  • Reply
    Habiskan Akhir Pekan di Tangerang, Pilih Citra Raya World of Wonder – DEDEZIRE
    September 26, 2017 at 12:32 pm

    […] Baca juga : Anak Tangerang Main ke Cisadane […]

  • Leave a Reply