Feature Travel

GARA-GARA INSTAGRAM, INI DIA ITINERARY 3D2N DI BANGKOK UNTUK LIBURAN A LA PELANCONG PEMULA

Kecenderungan semakin candunya dengan media sosial, membuat banyak orang menghabiskan waktu dengan ‘berselancar’ di Facebook, Twitter, Instagram, dan media sosial lainnya lebih lama. Karena kemudahan dan menyenangkannya media sosial, akses ke berbagai informasi dan konten menjadi serba cepat karena dapat diakses di mana dan kapan saja asalkan terdapat sambungan internet. Selain mencari informasi secara cepat, banyak orang juga senang mengakses konten visual yang bagus terutama dari Instagram; untuk sekadar mencari inspirasi gaya berpakaian, makanan, hingga liburan. Ngomong-ngomong soal liburan nih, gara-gara Instagram juga, banyak orang yang ingin sekali bisa jalan-jalan mengunjungi tempat-tempat di berbagai negara setelah melihat foto-foto traveling orang-orang yang berseliweran di Instagram. Banyak yang jadi berpikir bahwa jalan-jalan keliling Indonesia bahkan ke luar negeri yang awalnya hanya jadi angan, kini bisa menjadi nyata. Gara-gara Instagram, motivasi untuk mengunjunginya pun semakin besar agar bisa ikutan posting, menulisnya di blog sampai membuat vlog (video blog) untuk dibagikan ke banyak orang untuk dijadikan referensi dan inspirasi perjalanan.

Instagram membuat pencarian referensi tempat-tempat wisata yang bagus lebih mudah karena cukup mencarinya melalui tagar (hashtag). Tidak heran, gerakan untuk jalan-jalan secara mandiri tanpa bantuan agen wisata semakin digemari karena lebih menyenangkan karena si pelancong bebas menentukan rencananya; mulai dari membeli tiket pesawat, memilih tempat di mana akan menginap, hendak ke mana saja, melakukan aktivitas apa saja, dan lain sebagainya, bisa dilakukan dengan mudah. Jalan-jalan dengan persiapan dan tujuan yang dibuat sesuai dengan keinginan sendiri dianggap lebih menyenangkan, menantang, dan juga berkesan!

Biasanya, para pelancong pemula ingin buru-buru bisa menjajal jalan-jalan ke luar negeri. Walau keinginan tersebut besar, tidak sedikit pula yang takut atau ragu untuk memulainya dengan berbagai alasan, salah satunya ‘karena bukan di negeri sendiri’. Sebagai langkah awal, untuk teman-teman pemula yang ingin langsung jalan-jalan ke luar negeri untuk pertama kali, bisa mulai mengunjungi negara-negara tetangga di Asia Tenggara, karena selain dekat secara geografis, tetapi juga budaya yang tidak terlalu berbeda jauh. Jadi, terasa seperti di negeri sendiri, tetapi harus tetap ingat membawa diri dan menjaga sikap di negeri orang lho, ya! Satu lagi, harga tiket pesawatn ke negara-negara Asia Tenggara juga terjangkau, jadi bisa menabung dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama.

Nah, salah satu negara di Asia Tenggara yang banyak dikunjungi oleh para pelancong dari seluruh dunia adalah Thailand. Selain terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, Thailand juga memiliki Ibukota, yaitu Bangkok, dengan beragam hal menarik; mulai dari ragam jajanan jalanannya, pusat perbelanjaannya yang menjual berbagai barang dengan harga murah meriah, kuil-kuil dengan pagoda yang unik dan indah, menikmati suasana perkotaannya yang modern berbaur dengan unsur tradisional, dan masih banyak lagi. Walau belum pernah ke Bangkok, tetapi berkunjung ke sana sudah ada dalam daftar saya sejak lama. Sekali lagi, gara-gara Instagram, keinginan tersebut semakin hari semakin besar karena saya juga follow akun Instagram salah satu fotografer yang berbasis di Bangkok, Chanipol Kusolcharttum, alias @rockkhound. Foto-fotonya tentang Bangkok yang begitu hidup apalagi keadaan perkotaannya membuat saya yang juga senang fotografi semakin ngiler ingin memotret langsung ke sana.Bergegaslah saya cari tahu, kalau ke Bangkok nanti mau ke mana dan melakukan aktivitas apa saja. Berhubung saya sibuk bekerja dan hanya memiliki waktu luang di akhir pekan, durasi liburan yang tepat bagi saya dan teman-teman lain yang senasib adalah 3 hari, 2 malam (3D2N). Tidak terlalu lama, dan tidak terlalu cepat. Pas! Agar liburan ke Bangkok lancar dan menyenangkan, saya coba buat itinerary yang sesuai dengan saya atau teman-teman yang masih pemula dalam hal jalan-jalan ke luar negeri. Berikut daftar yang biasa saya siapkan:

  • Beli tiket pesawat & memesan penginapan
  • Menyusun itinerary

Beli Tiket Pesawat & Memesan Penginapan

Karena harga tiket pesawat fluktuatif, membeli tiket pesawat terlebih dahulu dapat dilakukan terpisah, lalu baru setelahnya mencari dan memesan tempat penginapan. Pola seperti ini yang sering saya lakukan. Tapi belakangan ini saya baru tahu, bahwa memesan tiket pesawat sekaligus dengan penginapan itu lebih murah. Salah satu situs web yang menyediakan fasilitas untuk membeli tiket pesawat terjangkau secara terpisah maupun bersamaan dengan penginapannya adalah AirAsiaGo. Di situs web ini, saya bisa cari tiket pesawat AirAsia yang terbang langsung ke Bangkok dan ragam tempat menginap, dari yang yang murah banget sampai yang mahal juga ada. Saya suka karena banyak diskonnya dan bahkan bisa gratis penerbangan! #AnakDiskonan

Menyusun Itinerary

Nah, setelah tiket pesawat dan penginapan aman, langkah selanjutnya adalah membuat itinerary untuk di sana. Itinerary ini saya buat dengan mempertimbangkan preferensi saya yang senang jalan kaki sambil memotret keadaan sekeliling. Itinerary ini umum dan cocok untuk yang masih pemula.

  1. Hari Pertama: Wisata Kuliner
  2. Hari Kedua: Wisata Kebudayaan
  3. Hari Ketiga: Wisata Kehidupan Lokal

1. Hari Pertama: Wisata Kuliner

Thailand terkenal dengan makanannya yang aneh cenderung esktrem. Kalau di Indonesia sepertinya tidak terpikirkan untuk memakan makanan yang biasa dijual oleh penjual jajanan di Bangkok, seperti belalang goreng, kalajengking, dan kawan-kawannya itu. Jangankan memakannya, melihatnya saja langsung terpikir untuk ambil sapu di teras. Lha ini dimakan? Well, setidaknya walau ngeri dan rasanya tidak akan tertelan, tapi tetap penasaran juga ingin mencoba. Khusus untuk yang beragama Islam, pastinya harus memperhatikan juga faktor kehalalannya.

Setelah cari tahu, ternyata beragam juga ya cara untuk menikmati kuliner di Bangkok. Yang ingin saya coba adalah, dari siang hingga sorenya wisata kuliner di dekat sungai Chao Phraya, lalu malamnya di jalanan biasa sambil berjalan kaki menikmati suasana malam bangkok, dari satu penjual ke penjual lainnya, beli teh Thailand langsung di negaranya (bukan di mall di Indonesia lagi, wehehehe), dan foto-foto tentunya.

Sumber: bangkokfoodtour.com

Mengincar makanan halalnya, saya ingin sekali makan Tom Yam langsung di Thailand (terakhir makan beli di Sukabumi. Lha?!?). Nah, salah satu tempat makan halal yang menjual Tom Yam adalah di Tom Yam Paa Nga, Pratunam, yang masuk daftar tempat makan halal dari berbagai sumber. Selain penasaran makan Tom Yam asli Thailand yang akan lunas, saya juga nggak khawatir akan kehalalannya. Katanya oke banget makan Tom Yam di sini! Wiiih, sluuurrrppp…

Sumber: https://www.instagram.com/deeir/

2. Wisata Kebudayaan

Membayangkan Bangkok pasti yang langsung muncul adalah kuil dan candi dengan pagoda-pagoda emasnya yang indah. Pokoknya, wajib untuk berfoto di depan semua yang identik dengan Thailand ini. Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi yang jadi incaran saya, yakni Royal Grand Palace, China Town, Wat Pho, Wat Arun, dan Jim Thompson House. Maunya sih semuanya ya, tapi kayaknya mesti diperpanjang jadi sebulan di sana, hehe.

Grand Palace (Sumber: planetware.com)

Wat Pho (Sumber: planetware.com)

Wat Arun (Sumber: planetware.com)

Jim Thompson House (sumber: bangkok)

3. Hari Ketiga: Wisata Kehidupan Lokal

Di hari terakhir sebelum kembali ke Indonesia, saya benar-benar ingin menikmati Bangkok dengan segala keberagamannya. Saya ingin merasakan sensasi keadaan lokal dengan berkeliling biasa ke tempat-tempat sejenis yang tidak akan bosan saya kunjungi di Indonesia sekali pun. Karena senang fotografi jalanan, tentunya objek-objek dengan berwisata cara ini adalah yang paling tepat dan menarik. Pengan dan harus ke Damnoen Saduak Floating Market, Khao San Road, Chatuchak Market, naik perahu di Sungai Chao Praya, dan ke pasar Maeklong Railway Market!

Damnoen Saduak Floating Market (sumber: orientalescape.com)

Khao San Road (Sumber: travelhappy.info)

Chatuchak Market (sumber: thailandlist)


Nah, itu dia itinerary saya kalau cus ke Bangkok nanti. Gimana? Lumayan padat dan semoga cukup dengan waktu yang ada. Ayo teman-teman, ke Bangkok bareng temenin saya! Selamat berburu tiket pesawat dan penginapan! Wohooo!

Sumber featured image: Lonely Planet

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    nurulrahma
    November 28, 2017 at 5:31 am

    aaaakkk, aku pingin ke Bangkok lagiiii!
    Naik air asia emang murahhh tapi berkualitas!
    JUARA!

    • Reply
      Dini Murti
      November 28, 2017 at 5:35 am

      Iya Mbak sering banyak promonya.

    Leave a Reply