Tutorial Receh

Cara Membuat Foto Profil Berbentuk Lingkaran Dengan Mudah Menggunakan Ms. Office PowerPoint

Halo apa kabar? Semoga teman-teman yang sedang membaca tulisan ini baik dan sehat, ya! Kali ini, saya, Dini, yang punya blog ini (wehehe), hadir dengan sub kategori baru, yakni ‘Tutorial Receh‘. Maksudnya apa sih? Kayaknya katagori yang sudah ada saja belum banyak isinya, ini ada kategori lagi, hehehe. Jadi, ide untuk menghadirkan kategori ini adalah berasal dari diri saya sendiri, yang pernah terjebak di dalam banyak keadaan yang bikin nggak bisa melanjutkan pekerjaan karena hal-hal teknis sederhana yang ditemui. Walau sederhana, karena kemampuan yang terbatas, jadi menghambat juga. Misalnya, gimana cara atur ulang kata sandi Facebook. Sederhana, tapi banyak juga yang belum tahu lho! Intinya, saya mencoba untuk membagikan tip, trik, dan tutorial sederhana yang saya ketahui dan kuasai, yang semoga bisa membantu teman-teman memecahkan kebuntuannya atau menyiasati keterbatasan kemampuan teknis, perangkat lunak yang dimiliki, dan lain-lain.

Nah, di post perdana ini, saya hendak memberikan tutorial bagaimana membuat sebuah foto profil agar menjadi berbentuk lingkaran. Inisiatif ini muncul karena saya pernah mengalami kebingungan yang sama pengen naro foto profil di blog (samping kanan post ini) tapi bentuknya lingkaran, bukan kotak, apalagi jajar genjang. Alasannya, biar bagus aja, wehehe. Cara yang akan saya kasih tahu di sini sangat mudah dan nggak perlu perangkat lunak yang ribet pengoperasian tools-nya yang makan ruang penyimpanan komputer dan berat, nggak perlu bayar jasa desainer grafis juga, karena cukup mengandalkan Microsoft Office PowerPoint yang terpasang di hampir semua PC teman-teman, yang pastinya dari kawasan lenong sampai kawasan metal punya. Ya sudah, mari saya mulai!

Yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai, yang perlu teman-teman siapkan adalah:

  1. Foto profil yang rasio ukurannya 1:1 (square). Kalau foto teman-teman belum square, sunting dulu ya. Pokoknya, pilih yang bagus dan yang paling kece ya gayanya;
  2. Aplikasi Microsoft PowerPoint. Di tutorial ini, saya pakai versi Microsoft Office PowerPoint tahun 2016. Untuk yang di bawah itu, kurang lebih akan sama.

Langkah-Langkah

Langkah 1

Jalankan aplikasi Microsoft PowerPoint lalu hilangkan semua default template box yang otomatis tampil begitu aplikasi ini dijalankan, sehingga halaman presentation menjadi putih bersih. Caranya adalah dengan langsung ketik CTRL + ALL, tekan tombol ‘Delete/DEL‘ di keyboard.

Hapus Default Template Box

Hasil Default Template Box yang sudah dihapus. Halaman ‘Presentation’ menjadi bersih

Langkah 2

Insert/masukan ‘Shape’ lingkaran yang akan menjadi frame untuk foto profil teman-teman nanti.

  1. Klik tabInsert
  2. Klik ribbon Shapes
  3. Pilih bentuk “Oval
  4. Klik di sembarang tempat di presentation slide yang kosong

Menambahkan shape ‘Oval’

Langkah 3

Ubah ukuran shape oval tersebut menjadi lebih besar untuk mempermudah penyuntingan foto. Secara default, ukurannya adalah 1″:1″. Untuk memperbesar, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik pada shape oval
  2. Klik tab Format
  3. Pada ribbon Shape‘, agar presisi ukurannya, masukan nilai yang sama antara ‘Shape Height‘ dan ‘Shape Width‘. Di gambar ini, sesuai dengan layar laptop berukuran 15 inci, yang paling ideal adalah ukuran 7″:7″

Memperbesar ukuran shape

Langkah 4

Nah, sekarang waktunya memasukan foto profil ke dalam shape oval yang sudah diatur di langkah 3. Caranya:

  1. Klik kanan pada shape oval tersebut, maka muncul pilihan penyuntingan, lalu klik ribbon ‘Shape Fill
  2. Setelah diklik, tampil pilihan untuk penyuntingan shape lebih lanjut (ubah warna dan menyisipkan gambar). Pilih yang untuk menyisipkan gambar, yakni “Picture

Pilihan menyisipkan gambar di ‘Shape’

Langkah 4

Selanjutnya adalah memilih foto mana yang akan teman-teman ubah bentuknya menjadi lingkaran.

  1. Pilih foto profil yang sudah disiapkan sebelumnya. Kalau fotonya sudah ada di penyimpanan lokal komputer, maka pilih ‘From a File‘;
  2. Pilih dengan cara klik pada foto yang sudah disiapkan;
  3. Klik ‘Insert‘. Maka foto tersebut akan masuk ke ‘Shape’ sebelumnya;
  4. Teman-teman dapat menebalkan garis bingkai foto dengan cara: Klik kanan mouse – klik ‘Outline’ – klik ‘Weight’ – Klik tingkat ketebatalan yang diinginkan. Atau kalau nggak mau ada bingkai pembatas di pinggiran fotonya bisa pilih ‘No Outline‘. Karena cinta saya ke Babang Kim Jae Wook tidak terbatas, maka di tutorial ini saya pilih ‘No Outline’, hehehe.

Memasukan dan menyunting foto di ‘Shape’

Langkah 6

Sekarang sudah masuk langkah terakhir nih, teman-teman. Setelah sudah rapih semua, tinggal disimpan untuk siap diunggah ke profil media sosial masing-masing atau di blog.

  1. Klik kanan pada foto, lalu klik ‘Save as Picture‘;
  2. Berikan nama yang diinginkan atas foto tersebut;
  3. Pilih jenis format gambar ‘Portable Network Graphic (PNG)‘, lalu klik ‘Save‘. Kenapa pilih format ‘PNG’? Alasannya karena sebenarnya gambar yang sudah berbentuk lingkaran tersebut itu berbentuk kotak (square), tetapi ruang di luar bentuk lingkaran tersebut itu transparan. Nah, kalau disimpan dalam format JPEG/JPG, ruang tersebut bakal jadi putih. Dengan latar transparan, kalau keperluannya untuk di blog, nggak bakal masalah kalau latar blog-nya warna apa pun, nggak blocking.

Simpan hasil foto

Selesai!

Selesai dan bisa dipakai biar a la-a la :D!


Nah, gimana teman-teman, mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Sampai jumpa di Tutorial Receh lainnya!

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply
    Anesa Nisa
    December 5, 2017 at 10:44 pm

    aaahh kakak diniii bisa aja tutorial receh.
    ini bermanfaat banget tauuuk biar lebih kece tampilan di blog.
    kan sekarang pakenya yang model yak gini buat biodata blog di ppojok atas web.

    kalau bisa vote, aku vote BERMANFAAT!

    • Reply
      Dini Murti
      December 6, 2017 at 3:30 am

      Alhamdulillah kalau bermanfaat kak Anesa Nisa :).

    Leave a Reply