Feature

7 Cara Efektif Mempertahankan Loyalitas Konsumen

Loyalitas dan kepuasan konsumen adalah faktor yang harus dipertahankan para penjual yang melakukan proses jual beli secara online. Bagaimana tidak, seorang pelanggan yang loyal akan memberikan beberapa keuntungan tersendiri. Seperti mengajak rekannya yang lain dan merekomendasikan produk atau layanan anda kepada orang lain. Menarik bukan? Namun, bagaimana cara mepertahankan loyalitas pelanggan anda? Berikut akan kami jabarkan 7 cara efektif yang terbukti dapat mepertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang anda jual.

1.     Mempertahankan Kualitas Produk

Jangan pernah meremehkan kualitas produk anda. Karena dengan mempertahankan kualitas porduk akan tetap mebuat pelanggan tetap loyal kepada anda. Jangan lupa untuk tetap melakukan hal terbaik. Belajarlah dari beragam hal yang diterapkan oleh berbagai e-commerce terbaik seperti Blibli.com, di mana anda akan menemukan kualitas foto produk terbaik, memberikan deskripsi yang memang sama dengan produk aslinya dan menawarkan harga yang kompetitif. Hal ini nantinya akan membangun kepercayaan dan ekspektasi positif dari pembeli.

2.     Perhatikan Pelayanan Anda

Yang dimaksud dengan memperhatikan pelayanan di sini adalah memperhatikan keseluruhan pelayanan yang anda berikan kepada pelanggan. Tidak hanya pelayanan awal namun juga pelayanan setelah transaksi. Tunjukan bahwa anda memang peduli akan kualitas dan kepuasan yang akan dimiliki oleh konsumen tersebut nantinya. Karena penjual terbaik adalah yang benar-benar menomorsatukan konsumen mereka.

3.     Jangan Lupa Meminta Saran dan Masukan

Akan selalu ada feedback setelah anda mengirimkan produk yang dipesan atau yang dibeli oleh pelanggan. Mintalah review atau beberapa masukan yang bisa mebangun dan bisa membuat anda tahu di mana letak kekurangan maupun kelebihan dari produk yang anda jual-belikan secara online maupun bagaimana penilaian mereka terhadap pelayanan anda tersebut. Ini akan menjadi hal positif yang membangun dan membantu perkembangan usaha anda ke depannya.

4.     Atasi Keluhan Dengan Bijak

Akan selalu ada beberapa keluhan dari konsumen walaupun anda merasa telah melakukan yang terbaik secara maksimal. Jangan menyerah atau malah kembali menyalahkan keluhan yang datang. Cobalah cermati dan analisa keluahan yang masuk tersebut. Hadapi keseluruhan keluhan dengan cara yang bijak dan tetap memberikan pelayanan terbaik.

5.     Bangun Komunikasi

Jangan biarkan komunikasi yang buruk memperburuk citra anda sebagai seorang penjual. Cobalah bangun citra yang baik dan lakukan yang terbaik. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini ada banyak yang bisa dimanfaatkan sebagai alat berkomunikasi dengan pelanggan. Bahkan anda bisa hanya sekadar memberikan informasi tentang update produk anda menggunakan Line, SMS, e-mail dan Whatsapp.

6.     Berikan Reward

Tidak ada salahnya meberikan beberapa penawaran terbaik berupa reward kepada pelanggan setia anda. Ini adalah salah satu cara terampuh untuk mengoptimalkan keloyalitasan mereka terhadap usaha anda.  Reward tersebut bisa berupa produk giveaway atau berupa penawaran promo & diskon yang akan sangat disukai banyak pelanggan. Potongan harga dari 10 hingga 60% selama sekali per beberapa kali penjualan sukses terhadap pelanggan setia tidak akan merugikan bisnis anda. Salah satu contohnya adalah blibli.com. Setiap konsumennya, akan diberikan reward point jika membeli apapun. Baik itu fashion, gadget, maupun kulkas blibli.com.

7.     Jaga Komunikasi Antara Penjual dan Konsumen

Untuk saling menjaga komunikasi, tidak jarang banyak penjual online yang melakukan sejumlah kegiatan bersama dengan pelanggan setianya. Tidak hanya memberikan beberapa barang promo, bahkan berkumpul melakukan acara ringan seperti acara bazar dan kopi darat bisa banget anda lakukan.

Nah, demikianlah 7 cara ampuh yang bisa mempertahankan loyalitas pelanggan anda terhadap produk yang anda miliki. Anda harus tetap konsisten membangun hubungan dan pelayanan terbaik untuk mempertahankan loyalitas pelanggan dan jangan lupa untuk tidak menurunkan standar pelayanan maupun standar kualitas produk anda tersebut.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply