Fitur

Pegadaian Literation Fair 2018: Semua Bisa Memiliki Usaha Untuk Memperkuat Ekonomi

Memperingati hari jadinya yang ke 117 tahun, PT Pegadaian (Persero) (Pegadaian) dari tanggal 31 Maret hingga 1 April 2018 lalu, menyelenggarakan “Pegadaian Literation Fair 2018” di 19 kota di Indonesia. Nah, saya menyempatkan hadir di hari terakhir acaranya di Tanggal 1 April 2018 di Piazza, Gandaria City, Jakarta. Waktu itu saya ikut hadir dalam sesi bincang-bincang bersama para narasumber dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Indonesia Women Information Technology Awareness (IWITA), dan tentunya dari Pegadaian sendiri, dengan tema yang dibahas yakni terkait dengan “Penguatan Ekonomi Bersama Pegadaian Menuju Sinerji & Transformasi Ekonomi“. Saya nggak cuma mendapatkan insight baru tentang Pegadaian, di acara kemarin juga ada penampilan dari adik-adik yang berlomba di ‘Pegadaian Kids Idol’, yang menghibur dengan bakat menyanyi mereka yang keren.




Bincang-bincang yang dimulai kurang lebih pukul 14:00 WIB tersebut dimoderatori oleh Ibu Dya Loretta (Dosen, praktisi Marketing Communication, dan CEO Sahabat Grup). Selama bincang-bincang, banyak hal baru yang saya ketahui tentang bagaimana upaya penguatan ekonomi itu bisa dilakukan oleh siapa saja saat ini dengan mudah dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui Pegadaian, persis sepertinya yang diutarakan oleh Bapak Rido dari Pegadaian, bahwa semua bisa menjadi agen pegadaian.  Sebagaimana yang diketahui, Pegadaian yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memiliki tagline “Mengatasi Masalah Tanpa Masalah”. Di acara ini juga Pegadaian meluncurkan aplikasi yang bukan hanya menawarkan solusi seperti yang sudah berjalan, tetapi juga membuka peluang bagi lebih banyak orang. Pokoknya, banyak jalan menuju Roma, banyak jalan juga untuk melakukan usaha. Banyak orang mulai memikirkan bagaimana membangun usahanya sendiri selain bekerja di perusahaan dengan gaji tetap, atau hendak mencoba secara penuh memiliki usaha sendiri.

Pak Ardhi dari HIPMI mengatakan, bahwa start up teknologi berkembang pesat. Pasti teman-teman ngeh juga dengan berkembangan ini, dengan banyak bermunculannya situs-situs berbasis e-commerce yang bahkan beberapanya jadi favorit saya untuk belanja, hehehe. Ini jadi bukti bahwa semakin banyak yang ‘melek’ teknologi, bukan hanya sebagai konsumen, tetapi juga produsen dengan membuka usaha berbasis sejenis, karena memang aksesnya yang mudah.

Karena siapapun bisa memulai usaha, nggak terkecuali perempuan. Itu pula yang dikemukan oleh Ibu Rika dari IWITA, yang sebelumnya telah melakukan programnya di Bekasi dan Makassar dengan menumbuhkan pemberdayaan perempuan untuk memulai usahanya dan melek dengan teknologi.

Siapa Saja Bisa Menjadi Agen Pegadaian

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk memulai usaha adalah dengan menjadi agen Pegadaian. Kalau selama ini yang kita ketahui Pegadaian hanya disediakan oleh kantor cabang resmi Pegadaian, ternyata kita juga bisa lho menjadi agennya. Jadi agen Pegadaian ini menurut Pak Rido nggak perlu memiliki usaha terlebih dahulu, yang penting memiliki kompetensi pada jenis pegadaian yang dipilih. Misalnya, kalau teman-teman ingin menjadi agen Pegadaian barang-barang elektronik seperti ponsel, maka hanya perlu memiliki pengetahuan atau kompetensi terkait dengan barang-barang elektronik. Karena kompetensi ini yang akan digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap barang gadai yang akan diterima. Untuk keamanannya, para calon nasabah Pegadaian juga nggak perlu khawatir kalau hendak menggadaikan barangnya ke agen Pegadaian, karena agen-agen tersebut pasti telah melalui proses persetujuan terlebih dahulu dari pihak Pegadaian, sehingga pastinya terpercaya.

Semuanya Serba Digital dan Mudah Dengan Pegadaian Digital Service (PDS)

Nah, sebagai bukti bahwa PT Pegadaian (Persero) mendukung penguatan ekonomi dan membuka peluang bagi siapa saja untuk memulai usaha, terutama menjadi agen Pegadaian, maka diluncurkan ‘lah aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) yang di dapat digunakan untuk para agen dan nasabah bertransaksi dan mendapatkan informasi tentang produk-produk pegadaian. Untuk mendaftar sebagai agen maupun calon nasabah, hanya perlu mengunduh aplikasinya lalu melakukan proses pendaftaran.

Serba Cepat dan Mudah Melalui Pegadaian Digital Service

Keunggulan dari aplikasi Pegadaian Digital Service ini adalah kecepatan aksesnya. Siapa dan kapan saja dapat mengaksesnya melalui ponsel, lalu bisa melakukan berbagai hal seperti melakukan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau, pengajuan kredit, melalukan pembayaran secara online seperti membayar tagihan telepon, listrik, air, dan tagihan lainnya.

Nah, ternyata mudah ya dengan PDS ini? Semua hal bisa dilakukan dalam satu aplikasi. Tambahannya, keuntungan menjadi agen pegadaian adalah menambah penghasilan, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap usaha yang kita punya. Untuk menjadi pengusaha adalah keberanian, mental, dan akses.

Terima kasih sudah mampir. Sampai jumpa di tulisan lainnya!

Cheers.

Dini Murti

A simple person who loves photography, writing, a student who learns by time and doing, and hope can travel around the world.

You may also like...

2 Comments

  1. Jadi penasaran pengen nyoba jadi agen pegadaian. Hahaha. Seru kayaknya ya bisa dpt penghasilan tambahan

  2. Wow! Berbekal smartphone mak-mak zaman now bisa jalankan bisnis ini. Mantap! 😎👍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *