Singgah Sejenak di Akhir Pekan ke Pulau Tidung

Liburan memang salah satu hal yang masuk ke kebutuhan tersier, alias kebutuhan ketiga yang nggak wajib terpenuhi, dibandingkan kebutuhan primer seperti sandang, pangan, dan papan, serta kebutuhan sekunder seperti contohnya sepeda motor untuk berangkat ke tempat kerja.

Walaupun nggak terpenuhi juga nggak bakal bikin kita pingsan seketika sih, tapi liburan bisa jadi pilihan apabila kita sudah sangat penat dengan kegiatan sehari-hari seperti sekolah, bekerja, mengurus rumah, dan lain sebagainya, yang sudah mengambil porsi waktu paling besar dari 7 hari yang dimiliki.

Tapi terkadang, untuk bisa liburan pasti ada saja alasannya, salah satunya adalah liburan identik dengan pergi ke tempat-tempat yang jauh. Apalagi kalau tempat liburan yang dipengen itu yang dekat dengan alam seperti ke pantai buat lihat yang biru-biru. Pilihan menyempit! Padahal, kalau sudah yakin dan juga sudah ada rezeki lebih tapi nggak banyak banget, apalagi buat yang kerja atau tinggal di Jabodetabek yang pengen liburan nggak terlalu jauh dan cepat di akhir pekan, sesekali butuh short getaway.

Tapi tenang, kalau teman-teman pengen lihat yang biru-biru dan bisa ditempuh nggak terlalu jauh dari Jakarta dan hanya butuh waktu libur di akhir pekan tanpa perlu cuti kerja, bisa ke Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Selain dekat dengan Jakarta, biayanya juga hemat.

Santai Sambil Bengong di Pinggir Pantai

Percaya deh, kalau kita sudah capek dan penat dengan segala hal, duduk sambil bengong di atas pasir sambil memandang ke hamparan air luas bikin kita jadi tenang dan rileks. Bengongnya jangan bengong melompong juga, ya. Maksudnya adalah sambil santai dan bengong yang berkontemplasi, halah :b! Kalau liburan bareng pasangan, bisa juga sambil nikmatin matahari terbenam dengan latar air pantai yang berkilau-kilau. Kegiatan sederhana yang berharga.

Membasahkan Diri

Di keseharian, kita sudah benar-benar ‘membasahkan’ diri dengan nyemplung senyemplung-nyemplungnya dengan plus dan minus pekerjaan dan tugas-tugas. Kenapa nggak ngelakuin hal yang sama saat kita punya waktu liburan? Apalagi liburan ke pulau, sayang banget kalau nggak basah-basahan menikmati air laut yang nggak setiap hari bisa dilihat dari jendela rumah, sekolah, dan atau jendela kantor.

Naik Perahu ke Pulau-Pulau di Sekitar

Kalau punya waktu lebih, bisa coba juga naik perahu untuk keliling pulau-pulau di sekitar Pulau Tidung. Ada pulau-pulau yang nggak berpenghuni juga, karena tiap pulau pasti punya sudut pandang ke laut yang berbeda. Paket wisata pulau Tidung atau pulau di sekitar bisa dipesan di situs web atau aplikasi agensi perjalanan seperti Traveloka. Bisa lebih terencana karena dilakuin dari jauh hari.

Kegiatan Random

Ada kalanya, walaupun sudah bikin jadwal dan daftar tempat yang hendak dikunjungi, biasanya pada kenyataannya saya beberapa kali harus melakukan improvisasi karena di hari liburan dan eksekusi, banyak hal di luar dugaan terjadi. Kemampuan adaptasi dan berpikir serta memutuskan cepat dan tepat diperlukan. Oleh karena itu, biasanya saya suka ngelakuin atau berkunjung ke tempat acak alias random yang nggak direncanakan. Nggak kalah seru!

Menikmati Pulau Tidung Seutuhnya

Nah, buat yang pengen benar-benar menikmati Pulau Tidung seutuhnya, pilihan wisata Pulau Tidung nggak bakal bikin kita habis akal, karena banyak! Banyaknya pilihan penginapan dan paket wisata di sana bakal bikin liburan singkat kita ke sana lebih mudah dan berkesan. Untuk bisa memesan penginapan dan beli paket wisata juga nggak perlu jauh ke sana terlebih dahulu beberapa waktu sebelum liburan benerannya, melainkan sudah bisa kita persiapkan jauh hari dari rumah, sambil tiduran megang HP.

Biasanya, mau ke mana pun, saya selalu cari tahu dulu ketersediaan dan harga di waktu liburan incaran di Traveloka. Saya bisa nyaring-nyaring informasi dari pencarian di sana untuk nentuin biaya dan nyusun jadwal selama liburan.

Berselancar di Traveloka lebih sering membuat saya liburan dadakan karena tergoda dengan banyak promonya. Beneran! Oh ya, buat kamu yang jauh dari Jakarta, luar kota misalnya, dan pengen ke Pulau Tidung juga bisa pesan sekaligus tiket pesawat dan penginapan terdekat di Jakarta sebelum cus ke Pulau Tidung.

Bisa jadi juga, liburan teman-teman kali ini adalah liburan dadakan yang nggak direncakan sebelumnya. Jadi, udah siapin krim tabir surya atau belum nih buat ke Pulau Tidung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *