Musik

Playlist: My Favourite Japanese 80’s Songs

Jika ada yang bertanya jenis musik apakah yang saya sukai, maka saya lebih memilih untuk menjawab bahwa saya menyukai semua jenis yang ada, bukan yang jenis spesifik tertentu. Sebenarnya saya orang yang sangat mudah senang menyoal mendengarkan musik, saya juga nggak mengkotak-kotakan “Gue anak indie neh, anti mainstream!“. Saya bisa denger lagu dari dangdut, kosidahan, rock, pop, metal, elektronik, dll. Tolok ukur penilaian terhadap sebuah lagu bagus atau nggak hanyalah enak didengar atau nggak enak didengar, tentunya ini preferensi pribadi. Karena pengetahuan saya tentang musik juga nggak dalam-dalam amat dan belakangan saya nggak terlalu update musisi dan musik apa saja yang sedang booming juga, saya lebih senang mencari lagu-lagu lama yang belum pernah saya dengar sebelumnya karena datang dari masa saya belum lahir, misalnya. Rujukannya bisa datang dari mana saja; Youtube, Spotify, dan media online, bahkan dari teman-teman di media sosial yang sering berbagi di Insta Story. Biasanya kalau dari Youtube atau Spotify mereka pasti akan memberikan lagu-lagu serupa yang mungkin kita sukai berdasarkan riwayat lagu-lagu yang pernah kita dengarkan. Nah, biasanya ‘harta karun’ itu berasal dari sana.




Belakangan ini, hari-hari saya ditemani oleh beberapa lagu-lagu para musisi Jepang tahun 70-80-an. Saya akui, bahwa musikalitas orang Jepang itu bagus. Mungkin musisi-musisi Jepang yang saya kenal sebelum beberapa musisi yang akan saya sebutkan di bawah ini hanya seperti lagu-lagunya Ayumi Hamasaki, Utada Hikaru, dan L’arc en Ciel. Tapi ternyata, selain mereka ada yang lain yang membuat saya jatuh cinta. Kalau didengar dari bebunyiannya mungkin terdengar jadul bagi sebagian orang, tapi bagi saya nggak masalah karena yang penting bagus. Playlist ini juga jadi bukti bahwa kebiasaan mendengarkan musik banyak orang, termasuk saya, bergeser dari CD, vinyl, ke Youtube, dan streaming platform lain.

Ya sudah, daripada bertele-tele, berikut ini beberapa lagu-lagu Jepang dari era 80-an yang menjadi kesukaan saya sejauh ini. Btw, yang tahun 70-an hanya yang nomor 2. Urutannya dibuat acak dan bukan penentu yang paling bagus yang mana. Beklah, ini dia!

1. Miki Matsubara – Stay With Me

Suara serak-serak Miki Matsubara dan lagu dengan beat sedang ini, langsung bikin saya goyang-goyang setiap memutar lagu ini di pagi hari. Menyemangati banget!

2. Taeko Ohnuki – サマー.コネクション (Summer Connection)

Waktu tahu lagu ini, saya nggak tahu sama sekali ini judulnya bacanya gimana, apalagi tahu artinya apa :b. Alhasil, saya copy lalu paste di Google Translate, hihihi. Xie xie Google! Itu ‘lah hebatnya musik, terkadang kita nggak perlu tahu arti dari liriknya apa, begitu denger tune-nya dan suka, ya udah we just love it anyway! Sama dengan lagu ini, nggak perlu tahu artinya, tapi saya langsung suka.

3. Mariya Takeuchi – Plastic Love

Saya tahu lagu ini, karena salah satu teman, Cantyka namanya, dia jago doodle manga-mangaan dan suka segala hal tentang Jepang gitu, di Insta Story, lalu setelahnya saya cari di Youtube lagu ini dan langsung suka! Wajar sih, saya kenal Cantyka berawal dari suka sebuah band rock yang sama, hehehe. Jadi, selera-selera musiknya juga nggak jauh beda.

4. Tatsuro Yamashita – Magic Ways

Walau orang Jepang banyak diketahui Bahasa Inggris-nya payah banget, dan kalau pun bisa pelafalannya pasti bisa beda jauh dari kata aslinya yang bikin orang nggak ngerti dan geleng-geleng, tapi kalo denger lagu ini kayaknya anggapan tersebut langsung buyar karena Tatsuro Yamashita fasih pelafalan Bahasa Inggrisnya. Saya nggak tahu dia saudaraan atau nggak sama salah satu fotografer National Geographic, Michael Yamashita, tapi saya yakin lagu ini bisa bikin senyum-senyum dan joged dikit karena nge-groove. Tebak, dia siapa? Yes, dia suaminya Mariya Takeuchi!

5. Junko Ohashi – Telephone Number

AWWWOOOOOO… FIVE SIX SEVEN O NINE (56709)!!! Begitu kira-kira lirik pembuka yang bikin lagu ini langsung nyantol di telinga. Dan begitu juga kira-kira mungkin zaman dulu kalau akhirnya tahu nomor telepon si doi. Lagu santai nan asyik!

6. Anri – Remember Summer Days

Lagu dari Anri yang punya nama asli Eiko Kawashima ini tipikal lagu Jepang banget menurut saya, karena langsung bisa menceriakan suasana seperti di musim panas. Yaiyalah buuu, judulnya juga ada summer summer-nya gitu. Ah, Dini mah!


Gimana? Teman-teman ada yang punya rekomendasi lagu yang lain? Bisa tulis di kolom komentar, ya!

Dini Murti

A simple person who loves photography, writing, a student who learns by time and doing, and hope can travel around the world.

You may also like...

25 Comments

  1. Dari semuanya kenapa gak ada yang aku kenal ya 🙁 tapi jadi nambah list lagu yang bisa aku dengerin sih. Thank you rekomendasinya!

    1. Iya Mbak, karena lagu-lagu jadul semua :b!

  2. Wah aku nggak ada yang kenal lagu-lagunya. Yang masih sering kudengerin itu True Love, First Love, Every Heart, trus lagu-lagu soundtrack anime, terutama Final Fantasy yang One Winged Angel.

    1. Iya Mbak, ini kayaknya nggak ada yang jadi soundtrack anime, jadinya kurang ngeh. Hehehehe…. Btw, xie xie ya Mbak Dewi udah mampir ke blog saya.

  3. Hwooo lagu2 Jepang emang TOP!

    1. Iya Mbak, nice nice!

  4. Gak ada yg aku kenal. Hihi. Krn ak hampir gak pernah deh dengerin lagu jepang.

  5. Saya kurang mengikuti lagu lagu, artikel ini membuka pencerahan ttg musik

  6. Aku ga kenal sama lagu2 nya nih, tapi bisa jadi refrensi aku nih kalau mau dengerin lagu2 jepang.
    Makasih yah mba

  7. Dari semuanya gak ada yg aku kenal hahaa. walaupun aku lahir di tahun 80an. Aku bukan pecinta Japanese atau Korean soalnya :)))

  8. hahaha jadi inget lagu2 ost manga.

  9. Suka nmr 4! Tapi memang kadang jadi unik lho speling orang jepang xixixi…Tiap orang memang punya selera musik yang berbeda ya pun tujuannya adalah sama. Menghibur

  10. Stay with me, bagus mbak… hehe…

  11. Boleh juga nih playlist favourite-nya, Miki Matsubara – Stay With Me juga enak yah didengerin. 🤗

  12. Lagu-lagu Jepang memang TOP. Terima kasih infonya, meski saya nggak ngeh sama lagu-lagu Jepang era zaman segini. Saya jadi lebih tahu.

  13. Aku tau lagu-lagu Jepang biasanya dari anime aja, hahaha.

  14. Aku ga ada yang tau niy lagu-lagunya hehehe… padahal aku suka banget kalau cerita Jepang.

  15. jujur aku ga ada yg kenal dgn referensi di atas tapi sayah tau lagu abadi yg sering banget diputer di era 80-an, kokoronotomo hahhahaha jadul pisaaaaan!!!!

  16. lagu2 nya enak2 ya.

  17. wah hampir semua baru denger

  18. Lagu jepang saya taunya kokorotomo 😀

    Tp klo dorama jepang, saya cukup suka yg mungkin ada beberapa yg di tau

  19. yg macros masuk… aihh itu kecee memangg.. filmnya jugaa

  20. Dari dulu aku juga sama lagu jepang. JPOP dan KPop pilihanku ampe sekarang hehe

  21. wah aku baru denger lagu-lagu ini, jadi referensi buat playlist lagu kalo lagi gk ada kerjaan

  22. Waahh, nambah lagi wawasan tentang list lagu-lagu Jepang, kalau Korea familiar karena ngikutin drama-dramanya…hehehe
    Nice sharing, Mbak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *