Tutorial

5 Langkah Uninstall Aplikasi di Windows 7

Bagi sebagian orang, menggunakan sistem operasi Windows 7 untuk komputer bisa dibilang sudah ketinggalan zaman. Tetapi, sebagian orang lainnya mungkin saja masih menggunakannya karena beberapa alasan, yakni di antaranya, bisa jadi karena spesifikasi komputernya yang mentok hanya bisa memasang Windows 7 atau memang karena nyaman dan pengen saja. Saya sendiri, di rumah, dengan laptop yang juga digunakan untuk mengetik post ini, masih menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 7. Alasannya karena spesifikasi laptopnya memang mentok hanya sampai di situ. Walau bisa dibilang sudah ketinggalan zaman, dan banyak orang mulai beralih ke versi terbaru atau bahkan ke sistem operasi merek lain yang lebih canggih, tapi saya yakin, masih banyak hal yang belum dioprek sampai tuntas selama kita pernah menggunakan komputer berbasis Windows 7, mau sejago apa pun seseorang itu dalam bidang teknologi perkomputeran.

Yang sudah jago bisa jadi bakal meremehkan dan males ngasih tahu orang modern yang melakukan pencopotan pemasangan (uninstalling) aplikasi di komputer saja tidak tahu sehingga tidak bisa. Tetapi, saya mau hadir sebagai yang memberikan langkah-langkahnya, walau remeh. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat ditempuh teman-teman yang membaca post ini untuk melakukan pencopotan pemasangan (uninstalling) aplikasi di komputer, khususnya yang berbasis Windows 7.

Langkah 1

Buka ‘Control Panel’. ‘Control Panel’ ini adalah tempat di mana teman-teman bisa mengubah pengaturan komputer, termasuk di dalamnya untuk menghapus aplikasi yang sudah terpasang. ‘Control Panel’ dapat diakses dari mana saja; apakah dan walaupun teman-teman sedang internetan, mengetik di aplikasi Microsoft Office, membuka folder dokumen, dll., karena ia dapat diakses melalui ikon jendela (Windows) yang terdapat di pojok kiri bawah task bar.

  • Klik ikon jendela (Windows) di pojok kiri bawah

  • Setelah ikon jendela diklik, maka akan muncul jendela baru, lalu pilih dan klik menu ‘Control Panel’ seperti yang ditunjukan pada gambar di bawah ini.

  • Setelah menu ‘Control Panel’ diklik, maka halaman ‘Control Panel’ yang berisi beberapa kategori pengaturan untuk komputer seperti pada gambar berikut.

Langkah 2

Pada kategori ‘Programs’, klik ‘Uninstall a Program’.

Langkah 3

Setelah diklik, maka akan muncul jendela baru yang berisi daftar aplikasi yang terpasang di komputer teman-teman.

Langkah 4

Pilih aplikasi yang akan dicopot pemasangannya (uninstall):

  1. Pilih dengan cara menyorotnya dengan menggerakan Sebagai contoh berdasarkan gambar di bawah ini, saya akan melakukan uninstall aplikasi Google Chrome;
  2. Klik kanan, akan muncul pilihan ‘Uninstall’ lalu klik pilihan tersebut. Pastikan aplikasi yang hendak dicopot pemasangannya sedang tidak teman-teman buka untuk digunakan.

Langkah 5

Sistem akan memproses permintaan pencopotan pemasangan, dan apabila telah selesai, maka pemberitahuan akan muncul dan aplikasi tersebut sudah tidak muncul lagi di daftar aplikasi yang terpasang di komputer.


Selain untuk mencopot pemasangan aplikasi dari komputer, mengakses ‘Control Panel’ juga dapat membantu teman-teman meninjau aplikasi apa saja yang terpasang di komputer; yang mana yang sering digunakan, dan bahkan yang jarang atau tidak pernah digunakan, untuk selanjutnya dapat dihapus dan mengurangi pemakain ruang penyimpanan di komputer.

Demikian tutorial sederhana ini dibuat, semoga bermanfaat. Selamat berkomputer-ria!

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply