Tutorial

Cara Membuat Tulisan di WordPress Rata Kanan-Kiri

Halo, ketemu lagi di Tutorial Receh! Dalam tulisan kali ini, saya hendak memberitahu sedikit bagaimana paragraf di blog WordPress maupun blog lainnya agar menjadi rata kanan-kiri. Untuk pengguna blog WordPress pasti pernah bingung dan heran, kenapa sih pilihan Alignment yang tersedia setiap hendak membuat blog post baru cuma ada 3; rata kiri, tengah, dan kanan, nggak ada rata kanan-kiri, seperti gambar di bawah ini:

Pilihan Alignment

Karena pilihannya cuma 3 seperti gambar di atas, sehingga membuat hasil tulisan jadi terkesan nggak rapih, misalnya jadi menjorok ke kiri semua (align left), sedangkan yang sebelah kanan jadi panjang-pendek nggak rata seperti gambar di bawah ini:

Saya termasuk penganut paragraf tulisan yang rata kanan-kiri, tapi saya harus rela pake rata kiri karena pernah beberapa kali ditegur saat buat dokumen di kantor suruhnya pake rata kanan-kiri aja oleh atasan saya yang penganut kekeuh rata kiri. Tapi kalo di blog sendiri mah tetep dong harus ngikutin preferensi pribadi, rata kanan-kiri price die :b!!! Alasannya, biar terlihat rapih dan presisi aja.





Rata Kanan-Kiri

JADI, BIGIMANA CARANYA,

MPOK DINI?!?

Caranya sangat mudah, teman-teman. Nggak perlu plugin tambahan, apalagi manggil mekanik. Lha, ngapain juga ya manggil mekanik? Cukup ikuti langkah-langkah sederhana berikut:

1. Blok Semua Tulisan

Setelah teman-teman selesai mengetikan tulisan yang hendak di-post, lihat gambar di bawah ini.

  1. Klik di sembarang tempat blog post teman-teman, lalu tekan tombol CTRL + A secara bersamaan di keyboard;
  2. Pilih align left/right (rata kiri/rata kanan), terserah mau yang mana, tapi saya biasanya rata kiri.

2. Ganti Tampilan Dari “Visual” ke Text

Ketika hendak membuat sebuah blog post baru, teman-teman bakal disediakan 2 tampilan yang berbeda, yang bisa diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan dan dianggap paling nyaman untuk melihatnya, yakni tampilan ‘Visual‘ dan ‘Text‘. Biasanya, tampilan default yang langsung ditampilkan ialah tampilan “Visual”, karena tampilan ini memudahkan bagi yang awam html. Pokoknya, tahunya tinggal ngetik dan masukin gambar di situ. Tampilannya mirip aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Word. Pengaturan untuk mengubah gaya tulisan (warna, format, penomoran, dll.) bisa langsung dilakukan dengan mudah cukup klik sana-sini.

Sedangkan pada tampilan ‘Text’, pilihan untuk melakukan segala sesuatu yang sebelumnya dapat dengan mudah dilakukan di tampilan ‘Visual’, di tampilan ‘Text’ ini bakal lebih sedikit. Tampilan ‘Text’ ini lebih cocok untuk yang ngerti sedikit atau banyak tentang kode-kode atau tagging HTML. Jadi sebenarnya anggapan bahwa kalau di tampilan ini bakal mempersempit ruang penyuntingan teks nggak bener juga sih, karena asal ngerti tagging html, malahan lebih banyak formatting yang bisa dilakukan dengan mode ini. Salah satunya adalah menyiasati nggak tersedianya pilihan alignment rata kanan-kiri (justify).

Setelah melakukan langkah pada cara 1 di atas, lanjutkan langkah-langkah berikut:

  1. Ganti tampilan dari ‘Visual‘ ke ‘Text‘. Pilihan untuk mengubahnya ada di bagian kanan atas halaman;

    Visual ke Text
  2. Tampilan ‘Text’ akan seperti gambar di bawah ini.
    Tampilan ‘Text’

    Tampilannya lebih ribet dan nggak berwarna.

  3. Blok semua tulisan yang ada di tampilan ‘Text’ Tersebut, lalu tekan tombol ‘CTRL + X’ pada keyboard.

3. Notepad mana Notepad?!?

Notepad ini walau sederhana, tapi banyak gunanya. Dari dulu sampai sekarang saya masih setia menggunakannya untuk menghilangkan formatting atau catat-mencatat sementara. Nah, di tutorial ini juga ia bermanfaat. Jadi, buka aplikasi Notepad teman-teman, dan ikuti langkah lanjutan berikut:

  1. Tempel (paste) tulisan yang sudah disalin dari tampilan ‘Text’ sebelumnya; 
  2. Setelah semua tulisan sudah pindah ke Notepad, masih di halaman Notepad, tekan tombol CTRL + H pada keyboard, untuk memunculkan jendela ‘Replace’;
  3. Pada kolom ‘Find What‘, ketik kata ‘Left/Right‘. ‘Left’ atau ‘Right’ ini adalah kode alignment yang telah dipilih sebelumnya di langkah 1.2. Jadi, masukan sesuai dengan yang teman-teman sebelumnya masukan ya;
  4. Sedangkan pada kolom ‘Replace With‘, karena saya suka keadilan, maka saya ketik kata ‘Justify‘ pada kolom tersebut. Itu mah ‘Justice’ buuuu! Enggak deng, maksudnya ‘Justify’ ini adalah agar kode tagging di tulisan yang semula rata kiri/kanan jadi rata kanan-kiri.
  5. Klik ‘Replace All

4. Copy & Paste Kembali

Setelah diganti dari ‘Left’ ke ‘Justify’ di Notepad, maka copy dan paste hasilnya ke tampilan ‘Text’ di blog teman-teman. Untuk melihat hasilnya, cukup pindahkan kembali tampilannya ke ‘Visual‘. Voilaaa!!! Paragraf akan menjadi rata kanan dan kiri, deh! Tulisan siap dipublikasikan.


Bagaimana teman-teman, mudah bukan cara membuatnya? *Nada cara ngomong acara masak-masak Sisca Soewitomo*. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan sampai jumpa di Tutorial Receh lainnya!

Dini Murti

A simple person who loves photography, writing, a student who learns by time and doing, and hope can travel around the world.

You may also like...

2 Comments

  1. Wah aku baru tau nih mbak caranya… Aku ada akun di WP udah lama di offin saking gapteknya aku. Makanya dimutasi ke blog post.. padahal kalau lihat template nya bagus2 dan lucu hihihi

  2. Klo di blogspot, pilihan alignmentnya udah ada yang rata kanan kiri, mba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *