Tutorial

Cara Memeriksa Status Pengajuan Aplikasi Visa Korea Selatan

Bagi teman-teman yang hendak berkunjung ke Korea Selatan dan sudah mengajukan aplikasi visa di kantor konsulat Kedutaan Korea Selatan di Jakarta, cara-cara berikut dapat ditempuh untuk memeriksa status pengajuannya secara online.




Setelah menyerahkan berbagai berkas yang disyaratkan untuk pengajuan visa, teman-teman pasti langsung mendapatkan satu lembar tanda bukti yang di dalamnya terdapat informasi tanggal kapan proses persetujuan pengajuan akan selesai dan paspor dapat diambil kembali. Walaupun secara prosedur normal proses pengajuan sampai dengan selesai adalah 6 hari kerja, namun pada kasus-kasus tertentu, lamanya persetujuan pengajuan visa Korea Selatan dapat melebihi waktu tersebut. Oleh karena itu, daripada membuang waktu dan tenaga, ada baiknya memeriksa terlebih dahulu status pengajuan melalui cara yang sangat mudah berikut

1. Buka Situs visa.go.kr

Buka situs web www.visa.go.kr. Setelah halaman utama selesai dimuat, ganti pilihan bahasa menjadi Bahasa Inggris, dengan klik kata ‘English‘ yang terletak di sudut kanan atas halaman.

               

2. Buka Formulir Pemeriksaan Status

Setelah bahasa situs web berubah menjadi Bahasa Inggris, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Pada menu di bagian kiri halaman, sorot menu “Check Application Status“, lalu;
  • Klik submenu “Check Application Status & Print“.

3. Masukan Informasi Pencarian

Masukan kriteria pencarian dan data diri kita sesuai dengan data-data pada saat penyerahan berkas aplikasi visa pada kolom-kolom berikut:

  • Pada kolom “Type of Application“, pilih pilihan “Diplomatic Office“;
  • Pada kolom “Select“, pilih dari daftar pilihan “Passport No.“, dan pada kotak kosong di sebelahnya, masukan nomor paspor;
  • Pada kolom “Name in English“, masukan nama lengkap kalian dengan susunan: Nama akhir atau nama keluarga_Nama Depan. Contoh:
    • Nama dengan 2 suku kata seperti “Susi Suanti”, maka masukan pada kotak pencarian, yakni menjadi: “Susanti Susi“.
    • Sedangkan, nama dengan 3 suku kata seperti “Alan Budi Kusuma”, maka masukan pada kotak pencarian, yakni menjadi: “Kusuma Alan Budi“.
  • Pada kolom “Date of Birth”, masukan tanggal lahir dengan memilih tanggal pada kalender. Setelah dipilih, secara otomatis format tanggal adalah TTTT/BB/HH (Tahun/Bulan/Hari);
  • Klik tombol ‘Search’ untuk memproses pencarian.

4. Hasil Pencarian Status Pengajuan

Setelah situs web selesai memproses kriteria pencarian yang telah dimasukan pada langkah nomor 3, maka status pengajuan akan muncul.

  • Under Review: status ini mencerminkan bahwa pengajuan masih dalam proses peninjauan;
  • Approved: status ini mencerminkan bahwa pengajuan visa disetujui dan paspor sudah dapat diambil sesuai dengan jadwal yang telah diberikan pada lembar tanda bukti pengajuan;
  • Denied: status ini mencerminkan bahwa pengajuan visa ditolak.

Untuk teman-teman yang pengajuan visa Korea Selatan-nya disetujui, selamat ya! Untuk yang ditolak, jangan berkecil hati, karena bisa mencoba lagi di lain kesempatan. Sampai jumpa di tulisan berikutnya, ya!

Dini Murti

A simple person who loves photography, writing, a student who learns by time and doing, and hope can travel around the world.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *