Foto Sampul: Dokumen Pribadi (Dini Murti)


Bulan Juli yang lalu akhirnya saya membeli tiket Jakarta – Seoul di Traveloka untuk menunaikan salah satu tujuan wisata impian ke Korea Selatan. Karena rencana awalnya adalah nggak mau beli bagasi tambahan karena pertimbangan biaya karena backpacking-an, alhasil saya nggak beli add-ons sama sekali (tambahan bagasi, makan, dll.). Sebagaimana yang diketahui, karena AirAsia itu adalah termasuk maskapai berbiaya rendah alias Low-Cost Carrier (LCC), harga tiket hanya mencakup harga dasar, pajak bandara, dan pastinya kapasitas bagasi kabin semassa 7 kg saja. Alhasil, kalau mau beli add-ons, harus beli lagi secara terpisah. Berbeda dengan maskapai full service seperti Garuda Indonesia, Singapore Airlines, dan lain-lain, yang sudah termasuk itu semua.

Di beberapa bulan persiapan sebelum berangkat, saya akhirnya berubah pikiran karena menimbang saat pulang nanti pasti ada oleh-oleh yang akan dibawa yang pastinya akan menambah bobot tas. Selain itu, waktu tempuh yang lumayan lama juga bikin saya berpikir merasa perlu untuk makan di pesawat, karena kebugaran tubuh dan kondisi lambung yang baik bakal menentukan jalan-jalan nanti bakal jadi menyenangkan atau malah jadi neraka.

Penyesalan memang selalu datang di belakang, karena kalau di depan namanya pendaftaran. Karena terlanjur menerbitkan tiket di Traveloka, saya jadi nggak bisa lagi beli add-ons secara online, menimbang kalau beli di konter check in bakal jauh lebih mahal, sahabat hemat pasti mempertimbangkan ini. Saya coba cari cara gimana agar tetap bisa beli tambahan bagasi dan makan secara online dan akhirnya nemu. Saya mau bagi caranya di bawah ini! Tulisan ini tidak berbayar, murni untuk membantu teman-teman yang mengalami dan membutuhkan informasi serupa.

Masuk/Daftar di AirAsia.com

Kalau teman-teman sudah memiliki akun di situs web resmi AirAsia (www.airasia.com), teman-teman bisa langsung masuk/login menggunakan alamat surel dan kata sandi. Kalau belum, cukup daftar terlebih dahulu.

Halaman Masuk/Login AirAsia

Akses “Pembelian Saya”

Setelah berhasil masuk ke akun AirAsia, coba untuk mengakses halaman “Pembelian Saya”

  1. Sorot ke bagian kanan atas halaman, dan klik tab profil yang tampil berupa nama teman-teman. Klik tab tersebut, maka akan muncul beberapa pilihan;
  2. Klik pilihan “Pembelian Saya“, maka teman-teman akan langsung diarahkan ke halaman riwayat pemesanan.
Akses ke Halaman “Pembelian Saya”

Mencari Informasi Pemesanan

Setelah pada langkah sebelumnya teman-teman telah melakukan klik pada pilihan “Pembelian Saya”, maka akan langsung diarahkan ke halaman “Pesanan Saya“. Di dalam halaman ini, apabila teman-teman pernah melakukan pembelian tiket di situs web AirAsia, maka akan akan tampil riwayatnya. Nah, apabila tiket AirAsia yang dibeli bukan dari situs web resmi langsung seperti kejadian yang saya telah paparkan di atas, melainkan dari pihak lain seperti Traveloka, Tiket.com, dll., maka untuk memasukan informasinya ke halaman ini, bisa ikuti langkah berikut:

  1. Klik menu “Cari Pembelian Lain” yang terdapat di bagian kanan bawah halaman riwayat pemesanan;
  2. Setelah diklik, maka akan muncul formulir untuk memasukan rincian pemesanan yang hendak dipindahkan.
Menu Untuk Mencari Pembelian Lain

Memproses Pemindahan Pemesanan

Masukan informasi pemesanan. Informasi ini bisa dilihat di tiket elektronik yang terbit setelah teman-teman selesai melakukan pembayaran di situs web agen perjalanan lain seperti Traveloka tadi.

Formulir Pencarian Data
  1. Nomor Pemesanan: masukkan informasi nomor pemesanan (booking code);
  2. Nama Belakang: masukkan informasi nama belakang teman-teman yang sesuai. Contoh: karena nama saya Dini Murti, maka saya memasukan pada kolom ini dengan nama belakang saya, yakni “Murti”;
  3. Keberangkatan: Pilihan bandara keberangkatan. Karena saya berangkat dari bandara Soekarno-Hatta di Cengkarang, maka saya memilih “Jakarta (CGK)”

Setelah memasukan 3 informasi yang dibutuhkan, klik tombol “Cari” untuk retrieve data

Konfirmasi Ulang Data Penumpang

Setelah data pemesanan ditemukan, langkah selanjutnya adalah melakukan konfirmasi ulang data teman-teman seperti pada contoh gambar di bawah ini.

Konfirmasi Data Penumpang

Informasi Data Pemesanan Terkonfirmasi

Apabila sudah konfirmasi ulang, maka informasi pemesanan yang terkonfirmasi akan muncul seperti pada contoh di gambar berikut:

Informasi Pesanan Terkonfirmasi

Bisa Beli Add-ons yang dibutuhkan!

Sampai di tahap ini, data pemesanan teman-teman sudah masuk di akun AirAsia dan bisa beli Add-ons yang dibutuhkan seperti tambahan kapasitas bagasi, makan, beli kursi, dan tambahan lainnya, deh :D!

Beli Add-ons

Demikian post kali ini, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di post lainnya!

Written by 

A simple person who loves photography, writing, a student who learns by time and doing, and hope can travel around the world.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *